Bukit Asah Bugbug Karangasem, Surga Tersembunyi Buat Para Pencinta Alam di Bali

Kalau ingin merasakan liburan yang sepi di Bali, Bukit Asah Bugbug Karangasem layak menjadi pertimbangan. Tempat wisata yang satu ini mencuat di mata para wisatawan karena pemandangannya yang alami. Wisatawan tak hanya bisa menyaksikan hamparan padang rumput hijau yang indah, tapi juga tebing tepi laut yang memukau.

Tempat wisata di Karangasem yang satu ini memang masih alami. Di tempat ini, wisatawan pun bisa merasa lebih dekat dengan alam. Tak perlu mendengar suara keributan yang dimunculkan oleh lalu lalang kendaraan bermotor. Tak heran kalau wisatawan yang datang ke sini kerap membawa kemah dan bermalam di sana.

bukit asah bugbug karangasem
by Ni Nengah Sari

Berburu Sunset Cantik di Bukit Asah Bugbug Karangasem

Satu hal yang kerap membuat para wisatawan betah berlama-lama di wisata alam Karangasem ini adalah pemandangannya yang indah. Secara khusus, tempat ini menjadi lokasi yang tepat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Apalagi, kombinasi hamparan padang rumput hijau dengan wajah matahari yang mulai bersembunyi di balik tebing jadi pemandangan memukau.

baca juga: Pantai Padang Padang Bali, Liburan Romantis di Tempat Syuting Film Eat, Pray, Love

Suasana menginap dengan cara berkemah di tempat ini pun bakal terasa lebih nyaman. Bukan hanya suasana yang alami, tapi juga karena tempat ini masih sepi pengunjung dan areanya cukup luas. Terdapat tiga area di Bukit Asah Bugbug Karangasem yang kerap dikunjungi wisatawan. Tenang saja, jarak antara ketiganya cukup berdekatan, sehingga dapat dijangkau dengan mudah.

bukit asah bugbug karangasem
by mutiarakostjimbaran

Hiburan utama yang biasa diperoleh para wisatawan di sini adalah pemandangan secara langsung menuju Samudera Hindia. Laut biru dengan hiasan batu-batu karang dan pulau kecil pun terlihat sangat memesona. Namun, wisatawan perlu hati-hati saat berkunjung ke tempat ini. Karena masih alami, masalah keamanan menjadi perkara yang harus ditanggulangi sendiri.

Apalagi, Bukit Asah Bugbug Karangasem ini merupakan sebuah tebing yang curam. Kalau tidak hati-hati, bisa-bisa wisatawan akan terjun ke dalam tebing dan kehilangan nyawanya. Meski memang, pemandangan dari tebing merupakan lokasi yang paling dicari oleh para pengunjung tempat wisata alam di Karangasem ini.

Tips Wisata di Bukit Asah Bugbug Karangasem

Untuk menuju ke tempat ini, Anda mungkin akan mengalami kesulitan. Terutama karena minimnya tanda penunjuk jalan. Oleh karena itu, manfaatkan informasi dari orang-orang yang dijumpai di tengah jalan. Selain itu, selalu memperhatikan masalah kebersihan selama berada di Bukit Asah. Jangan sampai tempat ini berubah menjadi destinasi wisata yang kotor karena ulah tak bertanggung jawab seseorang yang mengaku sebagai pencinta alam.

Cara Menuju Lokasi Bukit Asah Bugbug Karangasem

Bukit Asah Bugbug Karangasem ini terletak Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem. Oleh karena itu, masyarakat pun kerap menyebutnya sebagai Bukit Asah Bugbug. Tempat ini berjarak sekitar 58 km ke arah timur dari Kota Denpasar. Perjalanan ke tempat ini pun hanya bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi.

Akses transportasi umum menuju ke sini memang masih belum tersedia. Selain itu, wisatawan juga harus berhati-hati, terutama karena kondisi jalanan yang buruk. Banyak lubang di sana-sini. So, hati-hati ya guys. Pilih berkendara dengan selamat sehingga sampai di tujuan.