Brown Canyon Semarang, Keindahannya Gak Kalah dengan Grand Canyon

Brown Canyon Semarang menyajikan suasana wisata alam yang unik di Jawa Tengah. Lokasi penambangan galian yang meninggalkan jejak-jejak kerukan fantastis ini tampak seperti Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Karena keunikan bentuk inilah sehingga lokasi penambangan ini menjadi objek foto spektakuler yang sedang digemari anak muda.

baca juga: Old City 3D Museum Semarang, Destinasi Wisata Baru yang Kekinian

Sejatinya, Brown Canyon Semarang ini bukanlah tempat wisata namun lokasi penambangan proyek galian C. Lokasi yang sudah digali bertahun-tahun lamanya ini kemudian menjelma menjadi spot foto kekinian yang wajib dikunjungi. Tebing menjulang serta sedikit tetumbuhan hijau yang tumbuh di tebing menambah eksotis Brown Canyon Semarang.

Brown Canyon Semarang
Instagram photo by A.T. Widyatmoko

Di lokasi ini sampai sekarang masih dilakukan kegiatan penambangan, sehingga masih banyak hilir mudik truk dan eskavator yang sedang bekerja. Walaupun begitu, tidak menganggu ketika sedang pengambilan foto karena lokasinya yang luas dan bebas memilih objek foto yang spektakuler.

Brown Canyon Semarang
Instagram photo by @khawita_tour

baca juga: Taman Puri Maerokoco Semarang, Taman Mini Versi Jawa Tengah

Disarankan membawa masker penutup hidung serta kaca mata karena lokasinya yang berdebu dengan aktivitas penambangan. Lebih seru jika membawa kendaraan roda dua untuk berkeliling mencari spot terbaik untuk di jepret dalam kamera.

Lokasi Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang berada di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Lokasinya terletak tidak jauh dari kantor stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen.

 Brown Canyon Semarang
Instagram photo by @sellomitab

baca juga: Museum Kereta Api Ambarawa Semarang, Wisata Edukasi Seru dan Asyik

Rute Menuju Brown Canyon Semarang

Untuk menuju ke Brown Canyon ada beberapa rute yang bisa dipilih, diantaranya:

  • Jika berangkat dari Semarang timur, ambil Jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), lalu ambil jalur ke kiri menuju Klipang Golf. Sampai di Klipang Golf, perjalanan diteruskan hingga melewati jembatan besi. Setelah sampai di jembatan besi ke-3, ada pertigaan pilih ke arah kanan. Kemudian lurus saja mengikuti jalan sampai sekira 2 kilometer perjalanan, Brown Canyon Semarang akan terlihat.
  • Apabila berangkat dari Batang, Kendal dan Simpang Lima, setelah melewati pertigaan pasar kambing, lalu Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto, pertigaan Intan Permai kemudian belok ke kiri (Jalan Elang). Lalu diteruskan hingga sampai perempatan Pasar Meteseh, kemudian belok kiri hingga sampai Brown Canyon Semarang.
  • Jika dari arah Solo, Yogya dan Semarang Atas, dapat lewat Banyumanik, kemudian Tembalang, UNDIP dan dilanjutkan menuruni Sigar Bencah hingga perempatan Pasar Meteseh, kemudian jalan lurus saja sampai ketemu Brown Canyon Semarang.