Belanja Sekaligus Belajar di Wisata Rumah Batik Jawa Timur

Rumah Batik Jawa Timur jadi pilihan tempat wisata yang menarik di Kota Surabaya. Di tempat ini, wisatawan berkesempatan untuk menyaksikan koleksi kain batik dari berbagai tempat di Jawa Timur. Selain itu, wisatawan juga sekaligus bisa belajar cara membuat batik.

Di tempat ini, beragam motif kain batik yang unik dari berbagai daerah di Jawa Timur memang menjadi koleksi utama. Mulai dari batik Sumenep, Bangkalan, Sidoarjo, Bojonegoro, Tuban, hingga Lamongan dan Kediri. Semuanya bisa disaksikan di satu tempat.

rumah batik jawa timur
via rumah batik

baca juga: Menghabiskan Waktu Liburan Seru di Kebun Binatang Surabaya

Selain itu, Rumah Batik Jawa Timur yang telah ada sejak tahun 2004 ini juga menjadi tempat untuk belajar cara membatik. Didirikan oleh penggiat kain batik dari Pamekasan bernama Faiqah Ismail, para wisatawan bisa secara langsung belajar cara membatik.

Masing-masing batik yang ada di tempat ini pun punya ciri khas tersendiri. Batik dari Madura punya ciri khusus dengan penggunaan warna yang kuat. Selain itu, garis pada motif batik pun terlihat tegas. Hal ini secara khusus menggambarkan karakter orang Madura. Sementara itu, batik ponorogo cenderung memakai warna yang lebih gelap.

rumah batik jawa timur
via Detik Travel

Total sebanyak 2 ribu lembar kain batik bisa ditemukan di sini. Kain batik tersebut pun hadir dalam berbagai bentuk serta corak. Mulai dari sarung, hingga kain yang sudah berbentuk menjadi baju. Kalau tertarik, wisatawan juga bisa sekaligus membawa berbagai produk batik di tempat ini sebagai sarana oleh-oleh untuk sanak keluarga.

baca juga: Kebun Bibit Wonorejo, Wisata Murah Meriah yang Edukatif di Surabaya

Cara Menuju Lokasi Rumah Batik Jawa Timur

Para wisatawan yang tertarik berkunjung ke Rumah Batik Jawa Timur tidak perlu susah. Pada awalnya, tempat ini beralamat di Jalan Tambak Dukuh I nomor 4, Kapasari, Kecamatan Genteng, Surabaya. Sarana transportasi umum bisa dengan mudah ditemukan. Karena peningkatan wisatawan, tempatnya pun dipindah ke Jalan Margorejo nomor 143.

Jam Buka Rumah Batik Jawa Timur

Para wisatawan bisa masuk ke tempat wisata budaya dan edukatif ini secara gratis. Tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk masuk ke sini. Namun, Anda perlu memerhatikan jam bukanya. Rumah Batik jawa Timur ini buka pada pukul 08.00 hingga 20.00 WIB untuk hari Senin hingga Jum’at. Untuk Sabtu dan Minggu, tempat ini dapat dikunjungi pada rentang waktu antara 08.00 hingga 19.00 WIB.