Bebek Sinjay Madura, Kuliner Wajib saat Traveling ke Pulau Garam

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Pulau Garam Madura tanpa merasakan cita rasa kuliner Bebek Sinjay madura. Olahan bebek yang satu ini memang sudah sangat terkenal. Tidak hanya di lingkup Jawa Timur, tapi juga sudah di level nasional.

Bebek Sinjay Madura telah dibuka sejak lama oleh Bu Musliha. Tak heran bila tempat ini sangat terkenal karena rasanya yang lezat dan pengolahannya yang berbeda sebab memakai resep tersendiri. Apalagi setelah Suramadu telah rampung dibangun dan resmi beroperasi, warung bebek ini sudah memiliki cabang di luar Madura.

Bebek Sinjay Madura
Instagram photo by @ameilindaamo

Setiap harinya, Bebek Sinjay menerima banyak pembeli, sampai-sampai 500 ekor bebek disediakan setiap harinya untuk memenuhi pesanan pembeli. Setiap hari, warung bebek ini dibuka pada pukul setengah tujuh pagi dan ditutup pada pukul lima sore. Terkadang, harus tutup lebih awal karena persediaan bebek sudah habis.

Selain itu, Anda harus sabar karena menunggu antrean panjang pembeli yang terlihat antusias membeli bebek goreng di tempat Bebek Sinjay. Tak hanya dari Madura saja, penikmat bebek goreng di tempat ini telah tersebar senusantara. Akan lebih baik bila datang pada pagi hari karena meja masih kosong dan hindari membelinya saat jam makan siang supaya Anda tak kebingungan mencari tempat duduk.

Bebek Sinjay Madura
Instagram photo by Mariani La Tahzan

Daging bebek di Bebek Sinjay menyerap bumbu yang telah di olah sempurna, setiap serat daging bebek di dalamnya akan anda rasakan perpaduan bumbu yang nikmat, gurih dan pas di lidah sehingga mampu membuai lidah siapa saja yang memakannya.

baca juga: Nasi Serpang Bangkalan, Wujud Kekayaan Kuliner Pulau Madura

Bebek Sinjay digoreng cukup kering jadi tulang-tulang mudanya juga terasa krispi dan lezat. Dengan bunmbu yang terasa meresap kedalam dipadu dengan sambal pencit yang ekstra pedas.Sambal pencit di sini menggunakan mangga muda yanglangsung tercampur dengan sambalnya. Lalu kemudian dikukus.

Bebek Sinjay Madura
Instagram photo by Thomas William T.

Lokasi Bebek Sinjay Madura

Berada di Jalan Raya Ketengan No. 45, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Bebek Sinjay tampil  sederhana namun dengan rasa nikmat. Siapa pun yang datang ke sini pasti akan ketagihan dan datang kembali.

baca juga: Tajin Sobih, Kuliner Tradisional Wajib dari Madura

Cara Menuju ke Warung Bebek Sinjay Madura

Bebek Sinjay berada tepat di jalan raya Ketengan no. 45 Bangkalan. Dari jembatan Suramadu menuju kota Bangkalan atau beloklah ke kiri setelah keluar jembatan, kira-kira sekitar 13 KM. Kemudian temukan plang besar di sebelah kiri jalan bertuliskan Warung Special Nasi Bebek Sinjay. Jika parkir mobil ada di belakang. Anda harus melewati sebuah gang kecil tepat di samping warung makan ini.

Harga Menu Bebek Sinjay Madura

Untuk satu porsi bebek goreng dihargai sekitar Rp. 18000 di Bebek Sinjai ini. Satu porsi berisi nasi putih pulen, daun kemangi yang menambah aroma segar saat di santap,potongan mentimun,sambal pencit(mangga muda) yang pedasnya menggigit di lidah, dan yang paling istimewa tentu saja adalah daging bebeknya.