Alun-Alun Kota Batu, Wisata Murah Meriah yang Menyenangkan

Kota Batu kini menjelma menjadi salah satu kota wisata terbesar di Indonesia. Di sini, wisatawan bisa menemukan berbagai tempat wisata menarik. Bahkan, Alun-Alun Kota Batu juga menjadi lokasi nongkrong yang asyik dan tidak kalah menariknya. Jauh berbeda dengan kondisi alun-alun di kota lainnya di Indonesia.

Kalau datang ke sini saat pagi hari, suasananya tidak akan terlalu ramai. Suasana Alun-Alun Kota Batu akan terasa semarak ketika hari mulai sore. Mereka yang berkunjung ke sini datang dari berbagai kalangan. Mulai dari anak muda, rombongan keluarga yang tengah membawa anak kecil, dan lain-lain. Yang pasti, alun-alun ini menjadi tempat berkumpul murah meriah dan menyenangkan di Kota Batu.

Alun-alun Kota Batu
Instagram photo by @meliana_frans

Berbeda dengan alun-alun kota lain, Alun-Alun Kota Batu ini didesain sedemikian rupa sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Fasilitas penunjang disiapkan. Mulai dari taman bermain anak, toilet berbentuk buah apel yang lucu dan terjaga kebersihannya, taman air yang cantik, serta tidak ketinggalan adalah papan informasi yang berbentuk buah stroberi.

Wahana Bianglala di Alun-Alun Kota Batu

Bagi pengunjung yang suka foto-foto, Alun-Alun Kota Batu ini juga menyediakan berbagai tempat yang menarik. Beragam lokasi menarik bisa dijumpai di sini. Mulai dari area permainan anak, kolam air, air mancur, dan secara khusus adalah wahana bianglala.

Alun-Alun Kota Batu

Menyaksikan Pemandangan Alun-Alun Kota Batu di Malam Hari

Para pengunjung bisa naik wahana ini dengan biaya yang murah meriah. Pengunjung pun tinggal membayar uang sebesar tiga ribu rupiah per orang. Dengan begitu, Anda sudah akan bisa naik bianglala di sini. Tidak ada yang istimewa dengan bianglala ini. Tak jauh beda dengan bianglala di tempat lain.

baca juga: Omah Kayu Kota Batu Malang, Sensasi Unik Menginap di Rumah Pohon

Hanya saja, bianglala di sini menjadi tempat yang menarik untuk bisa menyaksikan pemandangan Kota Batu di malam hari dari ketinggian. Terlebih, Alun-Alun Kota Batu merupakan satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki wahana permainan berupa bianglala.

Alun-Alun Kota Batu
Instagram photo by @explorebuminusantara

Wisata Kuliner Alun-Alun Kota Batu

Tidak ketinggalan, Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk menikmati berbagai sajian kuliner yang ada di sekitar Alun-Alun Kota Batu. Oh iya, para pedagang tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam area alun-alun. Oleh karena itu, kondisi alun-alun ini terjaga dengan baik. Jadi, bagi wisatawan yang ingin kulineran, harus berada di luar area alun-alun.

baca juga: Pos Ketan Legenda 1967, Kuliner Wajib di Kota Batu Malang

Ada banyak makanan enak dan menggiurkan yang bisa dijumpai di tempat ini. Dan, yang paling terkenal tidak lain adalah kuliner Top Ketan Legenda 1967 yang menjadi favorit para pengunjung alun-alun. Jangan heran, di tempat ini Anda akan selalu mendapati antrean yang mengular setiap harinya. Maknyus!