Air Terjun Toroan Sampang, Keindahan Kombinasi Air Terjun dengan Pantai Alami di Pulau Madura

Madura tidak hanya terkenal karena budaya caroknya. Di sini, Anda juga bisa mendapati tempat wisata indah seperti Air Terjun Toroan Sampang. Air terjun ini memiliki ciri khas pada pemandangannya yang cantik, mengombinasikan antara pemandangan air terjun dengan pantai.

Air Terjun Toroan ini dikenal sebagai air terjun tertinggi yang ada di Pulau Madura. Dibandingkan dengan Air Terjun Sipiso-Piso di Sumatera Utara, ketinggiannya memang masih sangat jauh, hanya 20 meter. Meski begitu, keindahannya tidak kalah dibandingkan air terjun lain.

Air Terjun Toroan Sampang

Air terjun ini memang berbeda dengan air terjun lain. Air yang jatuh secara langsung menuju ke lautan. Berada di muara, Anda bisa merasakan keunikan air terjun ini. Anda bisa saja mencoba merasakan kesegaran air terjun, tapi harus memperhatikan keamanan karena kondisi batuan yang licin.

Hanya saja, harus hati-hati, Anda tidak diperkenankan untuk berenang di kolam yang ada di bawah air terjun. Alasannya, karena di bawah kolam Air Terjun Toroan Sampang terdapat palung dengan ukuran yang sangat dalam. Sudah ada korban jiwa akibat mencoba berenang di sini.

Secara khusus, menyaksikan pemandangan matahari terbenam di sini bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan. Kombinasi suara ombak, gemericik air terjun, serta langit yang berwarna jingga, bakal terekam dengan cantik dalam sebuah jepretan gambar.

Suasana tersebut kian menarik seiring dengan pemandangan hijau di sekitar air terjun. Tak heran kalau banyak wisatawan yang betah berlama-lama duduk di sini.

Cara Menuju Lokasi Air Terjun Toroan Sampang

Air terjun ini berada di wilayah Desa Ketapang Daya yang masuk dalam area Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Lokasinya berada cukup jauh dari pusat Kota Surabaya, sekitar 105 km.

Dari Surabaya, Anda harus menyeberang ke Pulau Madura melintasi Jembatan Suramadu. Sebagai alternatif, bisa pula memanfaatkan layanan penyeberangan memakai kapal feri yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak.

Sesampainya di Kota Sampang, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Toroan Sampang dengan menempuh perjalanan sekitar 4 km. Selanjutnya, pemandangan indah nan alami bisa Anda nikmati sepuasnya.