Air Terjun Sumber Pitu Pujon, Air Terjun Mengagumkan di Malang

Ada dua air terjun dengan nama yang sama di Malang, yakni Air Terjun Sumber Pitu Pujon dengan Air Terjun Sumber Pitu Malang. Kedua air terjun ini sama-sama menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Namun, kali ini kita bahas tentang air terjun di Pujon dulu ya.

Berwisata ke Air Terjun Sumber Pitu Pujon sangat cocok bagi pecinta alam atau pecinta olahraga menantang. Dengan trekking yang ekstrem menjadikan wisata ke Air Terjun Sumber Pitu Pujon sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

Air Terjun Sumber Pitu Pujon
by @sabilludin_muhammad_mahya

baca juga: Pemandian Mata Air Kalireco Malang, Pemandian yang Alami dan Menyegarkan

Air Terjun Sumber Pitu adalah air terjun yang mengalir dari bebatuan yang terdapat tujuh sumber aliran. Letaknya saling berdekatan dan menimbulkan efek aliran yang cantik. Air yang mengalir dari tebing tinggi serta diselimuti tumbuhan merambat semakin menambah kecantikan Air Terjun Sumber Pitu Pujon.

Air Terjun Sumber Pitu Pujon
by Danial Aldi A.

Keistimewaan Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Meski dengan perjuangan yang ekstra luar biasa untuk bisa mencapai lokasi, namun jika akhirnya mendapat pemandangan yang indah luar biasa di sini maka perjuangan tersebut dirasa sangatlah pantas.

Air yang mengalir sangat dingin dan segar. Namun tidak terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan untuk mandi. Jika ingin merasakan dinginnya air, Anda bisa berdiri tepat di bawah guyuran airnya.

baca juga: Pemandian Alam Sumber Jenon Malang, Pemandian Alami dengan Air Biru

Tak perlu membayar untuk masuk ke Air Terjun Sumber Pitu. Yang Anda perlukan adalah membawa bekal makanan dan minuman, pakaian ganti, perlengkapan trekking yang memadai, serta kamera.

Air Terjun Sumber Pitu Pujon
by Shylvia Monica

Pastikan kamera Anda siap untuk memotret segala keindahan yang terpampang di depan mata. Dan ingat selalu untuk berhati-hati dalam melintasi setiap medan karena licin dan berbatu. Anda juga harus tetap menjaga kebersihan lokasi wisata agar Air Terjun Sumber Pitu Pujon senantiasa memberikan kehijauan serta kedamaian alam yang sempurna.

Cara Menuju Lokasi Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Air Terjun Sumber Pitu Pujon berada di wilayah Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.  Untuk menuju ke Air Terjun Sumber Pitu Pujon, dari Kota Malang Anda bisa langsung menuju Pujon. Setelah pertigaan patung tugu sapi, Anda teruskan perjalanan hingga pertigaan Ringin Punden. Kemudian belok kiri hingga menuju Desa Pujon Kidul.

Tak sampai di situ, dari Dusun Tulungrejo Anda masih harus meneruskan perjalanan hingga sekitar 7 kilometer. Medan yang dilalui tidaklah mudah. Bukan hanya jalanan untuk motor namun juga jalan setapak. Di sepanjang perjalanan, Anda akan melewati hutan pinus, hutan belantara, hingga padang rumput ilalang. Karena memang masih perawan, pantaslah jalan yang ada belum ditata dengan sempurna.