Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Wisata Alam Fenomenal di Yogyakarta

Gunungkidul di Yogyakarta terkenal dengan deretan pantainya yang indah. Namun, di sini juga ada Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul yang memiliki keindahan memukau. Keindahannya pun sanggup menarik perhatian para pencinta wisata alam untuk datang ke Yogyakarta.

baca juga: Seribu Batu Songgo Langit Mangunan, Wisata Kekinian di Yogyakarta

Menggunakan rakit sederhana yang terbuat dari papan dan drum bekas, adalah pilihan yang lebih menyenangkan dalam menikmati tempat wisata ini. Sungai Oyo yang dikelilingi tebing-tebing karst, menjadikan suasana yang indah memukau. Biaya naik perahu rakit ini Rp 10.000 pulang pergi, sedangkan untuk sewa jaket pelampung seharga Rp 5.000. Sekitar 15 menit menyusuri sungai, sampailah di lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul yang sangat memesona.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul
by Sapto Rachmadi

Sampai di lokasi, segera manjakan diri dengan berenang atau bermain air di bawah guyuran air terjun. Ainya yang deras terasa menyejukkan di suasana yang panas. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengambil momen terbaik di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul. Kalau sedang beruntung, Anda dapat menyaksikan pelangi muncul dengan kecantikan warnanya.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul
by Hero j Malmsteen

baca juga: Kebun Raya Baturaden Banyumas, Wisata Hiburan Sekaligus Edukasi di Jawa Tengah

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul memang wisata alam yang fenomenal. Pasalnya, walau musim kemarau datang airnya tak pernah sekalipun kering dan senantiasa mengalir deras. Air yang mengalir dari Air Terjun Sri Gethuk ini berakhir di Sungai Oyo yang merupakan sungai terbesar di Gunungkidul. Di bawah air terjun, batuan karst yang terbentuk dari aliran air memiliki susunan undak-undak yang indah.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul
by Ary Setiawati

Segera atur liburan seru Anda bersama keluarga dengan mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk dan nikmati keindahan serta segarnya air di Sri Gethuk dan Sungai Oyo.

baca juga: Pantai Wedi Ombo Gunungkidul, Pantai Unik dengan Kolam Renang Alami di Yogyakarta

Lokasi Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Objek wisata Air Terjun Sri Gethuk masuk dalam wilayah Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DIY.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul
by @petra_weddingphotography

Rute dan Cara Menuju ke Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Jika berangkat dari Yogyakarta, Anda ambil arah ke Wonosari hingga sampai di pertigaan Gading. Sampai di pertigaan Gading, pilih jalur yang menuju arah Playen. Di daerah Playen,sudah banyak petunjuk arah menuju Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul. Ikuti saja penunjuk arah yang ada hingga sampai di lokasi wisata.

Setelah sampai di loket masuk, pengunjung tak lantas bisa menemui keindahan Air Terjun Sri Gethuk. Ada 2 pilihan rute yang bisa digunakan untuk menuju lokasi air terjun. Yang pertama, dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dengan hamparan pemandangan persawahan. Rute kedua, ditempuh dengan menggunakan rakit yang menyusuri Sungai Oyo.