Air Terjun Montel, Pesona Wisata Alam di Kudus

Selepas berziarah ke makam Sunan Muria di lereng Gunung Muria, sempatkan diri Anda untuk melihat keindahan Air Terjun Montel. Berada dalam satu Kawasan Wisata Colo dan Makam Sunan Muria yang jaraknya berdekatan, Air Terjun Montel bisa menjadi pilihan yang menarik setelah berwisata religi. Kesejukan udara di kawasan pegunungan ini kian menambah kedamaian di hati setiap yang datang.

Hijaunya pemandangan ditemani kicauan burung-burung menjadikan nuansa nyaman dan merefreshkan. Lokasi Air Terjun Montel memang sangat cocok bagi siapapun yang ingin menghilangkan penat dari urusan pekerjaan. Tak heran jika pada musim liburan atau weekend objek wisata ini kian ramai oleh pengunjung.

Air Terjun Montel
by usman arif

baca jugaBukit Cumbri, Sajikan Pemandangan Indah di Antara Perbatasan Wonogiri dan Ponorogo

Pada bagian dasar air terjun banyak bebatuan besar yang sangat bagus untuk dijadikan tempat foto selfie. Bagi yang ingin berenang ataupun bermain air bisa dilakukan di bawah guyuran air terjun yang membentuk kolam.

Air Terjun Montel memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Itulah mengapa guyuran airnya deras menghujam ke bawah. Sangat segar dengan percikan-percikan kecil air yang menyebar terkena badan.

Datang ke Air Terjun Montel yang harus Anda bawa adalah pakaian ganti dan kamera. Tak perlu membawa makanan atau minuman karena sudah banyak warung-warung penjual makanan di sekitar lokasi wisata. Dan yang tak boleh terlupa adalah selalu menjaga kebersihan di mana pun Anda berada dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Air Terjun Montel
by Cipto Winarno

baca juga: Hutan Pinus Kayon Semarang, Wisata Foto Instagramable Keren di Jawa Tengah

Letak Air Terjun Montel Kudus

Lokasi Air Terjun Montel berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Hanya 30 menit dari Makam Sunan Muria atau 1 jam perjalanan dari Kota Kudus.

Air Terjun Montel
by Nia Khusnia

Cara Menuju Lokasi Air Terjun Montel Kudus

Berkunjung ke air terjun yang satu ini bisa menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Jika menggunakan angkutan umum, hanya perlu membayar lima belas ribu rupiah untuk sampai di Kawasan Wisata Colo. Sampai di pintuk masuk Wisata Colo, pengunjung membayar retribusi sebesar Rp 2.000.

Air Terjun Montel
by Nurul Sofa

Bagi yang membawa sepeda motor, bisa langsung meneruskan perjalanan hingga sampai di pintu masuk Air Terjun Montel. Namun bagi yang membawa kendaraan roda empat, mobilnya harus diparkir di pintu awal Wisata Colo dan melanjutkan perjalanan dengan jasa ojek karena jalan yang dilalui menanjak diselingi tikungan-tikungan tajam.

Sampai di loket masuk wisata Air Terjun Montel, pengunjung harus membayar lagi Rp 5.000 untuk tiket masuknya. Kemudian berjalan kaki sejenak sejauh 300 meter hingga sampai di lokasi air terjun.