Air Terjun Luweng Sampang, Wisata ala Grand Canyon Mini di Gunungkidul Yogyakarta

Banyak yang bilang keindahan Air Terjun Luweng Sampang mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Patutlah dikatakan demikian karena air terjunnya sangat indah bak lukisan alam yang terpampang di depan mata. Berlibur ke sini akan menjamin kedamaian dan ketenangan jiwa.

Yang istimewa dari wisata air ini adalah aliran air terjunnya diapit oleh batuan yang indahnya luar biasa. Batuan ini memiliki tekstur bergaris-garis karena tergerus erosi air sungai. Airnya jatuh ke sungai yang tak seberapa dalam sehingga sangat nyaman jika dibuat berenang atau sekedar bermain air.

Air Terjun Luweng Sampang
via ridiculoustravel

baca juga: Curug Cipendok Banyumas, Air Terjun Megah Setinggi 92 Meter di Jawa Tengah

Pergi liburan tak lengkap tanpa foto jepretan kamera. Mumpung sedang di lokasi yang indah dan menawan, segera ambil foto terbaik kamu di sini ya. Dijamin, Anda akan memperoleh koleksi foto yang menarik di tempat ini.

Air Terjun Luweng Sampang merupakan air terjun perawan yang masih sangat alami. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada waktu musim hujan. Ketika musim hujan debit airnya lebih besar meskipun air cenderung berwarna keruh. Jika musim kemarau, air terjun yang mengalir lebih sedikit namun warna airnya jernih.

baca juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Wisata Alam Fenomenal di Yogyakarta

Memiliki ketinggian sekitar 7 meter, tak menjadikan wisata Air Terjun Luweng Sampang sepi pengunjung. Setiap hari ada saja yang datang hanya sekedar untuk berfoto-foto atau ingin melihat air terjun dari dekat.

Air Terjun Luweng Sampang
by Hikmah Car Rental

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang Yogyakarta

Wisata Air Terjun Luweng Sampang masuk dalam wilayah Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Dari Yogyakarta berjarak sekitar 30 km. Tidak ada tiket masuk, hanya donasi seikhlasnya untuk pemeliharaan air terjun. Tak heran jika wisatawan selalu datang berkunjung karena kecantikan Air Terjun Luweng Sampang ini tidak terbantahkan.

Rute Menuju Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul

Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Luweng Sampang ada 2 rute yang bisa kamu pilih, yakni :

1. Rute pertama yaitu melalui jalur Jogja – Jl.Jogja – Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang hingga sampai di perempatan timur GCD FM ambil jalur kiri. Dari jalur ini lurus saja menuju Ngoro-oro – Perempatan Puskesmas Patuk II lurus – Pertigaan Padukuhan Semilir ke kiri – Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah lurus saja hingga Balai Desa Terbah. Sampai di pertigaan lurus saja ikuti jalan sekitar 2,6 kilometer dan lokasi Air Terjun Luweng Sampang berada di kanan jalan.
  2. Rute kedua yaitu lewat jalurJogja – Prambanan – Jl. Raya Jogja-Solo dan dilanjutkan Belok ke kanan (selatan) menuju Desa Gantiwarno Klaten. Lalu mengarah ke SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten – arah Desa Sampang Gunungkidul. Sampai di Balai Desa Sampang, ikuti jalan yang ada sekitar 1,3 kilometer dan Air Terjun Luweng Sampang berada di sebelah kiri jalan.