Air Terjun Jurang Nganten, Wisata Alam Air Terjun Tersembunyi di Jepara

Tak hanya pantai-pantai yang indah, Jepara juga ternyata memiliki wisata air terjun yang eksotis. Salah satunya adalah Air Terjun Jurang Nganten. Dari namanya saja tersirat cerita memilukan mengenai air terjun ini. Meskipun demikian, kecantikan alamnya tak lantas membuat pengunjung bersedih akan keberadaannya. Malah bersuka cita akan keindahan dan kecantikannya.

baca juga: Jembatan Cinta Pring Wulung, Wisata Kekinian di Purbalingga

Objek wisata yang bisa dibilang masih perawan ini cukup sulit untuk mencapainya. Ini dikarenakan medan yang dilalui masih berupa tanah dan berbatu. Meski begitu, perjuangan berat menuju ke tempat ini akan terpenuhi setelah Anda sampai di hadapan air terjun ini.

Air Terjun Jurang Nganten
by @wahyud.pramana

Nama Air Terjun Jurang Nganten – artinya jurang pengantin, merujuk pada sebuah cerita memilukan di masyarakat. Dahulu kala, terdapat sepasang kekasih yang kisah cintanya tidak mendapat restu dari orang tuanya. Keduanya kemudian melarikan diri menggunakan kereta yang ditarik dengan kerbau. Namun naas, ketika sampai di lokasi air terjun ini kereta mereka terperosok ke dalam jurang. Dari cerita inilah nama Air Terjun Jurang Nganten diberikan.

baca juga: Benteng Pendem Ambarawa, Wisata Sejarah di Semarang yang Eksotis

Keindahan Air Terjun Jurang Nganten Jepara

Air Terjun Jurang Nganten ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Airnya sangat jernih dan segar. Yang ingin mandi atau berenang bisa menghabiskan waktu dengan berendam di kolam air di bawah air terjun. Sensasi kesegaran serta hijaunya pepohonan menambah kesan natural yang mengasyikkan.

Air Terjun Jurang Nganten
by @ayopiknikid

Lokasi wisata air terjun ini belum memiliki fasilitas sarana dan prasarana penunjang pariwisata. Ini dimaklumi karena memang lokasinya belum tersentuh tangan pemerintah lokal secara maksimal. Diharapkan dengan semakin banyaknya pengunjung, perhatian pemerintah terhadap geliat pariwisata di Air Terjun Jurang Nganten semakin tinggi. Sehingga sarana dan fasilitas pariwisata dapat dibangun dengan layak demi kenyamanan pengunjung.

Air Terjun Jurang Nganten
by ahmad mubin sayoga

Lokasi  dan Tiket Masuk Air Terjun Jurang Nganten Jepara

Air terjun ini terletak di Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Anda tidak bisa langsung menyaksikan keindahan alam di tempat ini. Setelah parkir, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000. Dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter melalui jalan setapak.

Air Terjun Jurang Nganten
by Hammam Ahmad Ashim

Bagi pecinta trekking menantang, pasti menyukai trek jalan menuju Air Terjun Jurang Nganten ini. Karena memiliki medan yang cukup ekstrim, tak heran jika lokasi wisata ini sering digunakan oleh anak-anak muda pecinta alam untuk melakukan kegiatan di sekitar lokasi air terjun.