Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek, Wisata Air Terjun Fantastis di Jawa Timur

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek menjadi satu di antaranya banyaknya tempat wisata alami yang indah di Jawa Timur. Segarnya guyuran Air Terjun Grobogan Sewu ini, senantiasa menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung.

Air Terjun Grobogan Sewu tidak begitu tinggi, hanya sekitar 10 meter saja. Namun guyuran air terjunnya sangat deras dan menyegarkan. Keunikan Air Terjun Grobogan Sewu adalah tebingnya memanjang ke samping. Airnya mengalir di tebing batuan karst yang berwarna putih kekuningan.

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek
by Som

baca juga: Air Terjun Irenggolo Kediri, Wisata Alam Cantik di Lereng Gunung Wilis

Aliran air ini menampakkan keindahan yang luar biasa sehingga pantaslah banyaklah wisatawan yang datang untuk merasakan segarnya guyuran Air Terjun Grobogan Sewu serta keindahan yang tercipta di lokasi ini. Masyarakat lokal percaya, siapa saja yang mandi di Air Terjun Grobogan Sewu maka akan awet muda. Wah, Anda percaya? Buktikan sendiri, ya.

Tak hanya bermain air di bawah guyuran airnya, Anda juga dapat berfoto selfie dengan berlatar belakang air terjun yang cantik ini. Tentu foto yang dihasilkan akan tampak sangat memesona.

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek
by @diegoadam76

Fasilitas pariwisata juga sudah tersedia cukup memadai di lokasi wisata ini seperti kamar mandi, musholla, bahkan papan penunjuk jalan. Lebih baik datang ketika musim hujan karena tentu saja debit air terjunnya lebih besar dan tentunya lebih asyik untuk digunakan untuk bermain air.

baca juga: Curug Cimandaway Cilacap, Nuansa Romantis dan Sejuk di Area Perkebunan Karet

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek atau Air Terjun Pelang

Jika Anda menyebut nama Air Terjun Grobogan Sewu maka tidak banyak masyarakat yang mengetahui nama ini. Namun ketika Anda menyebut nama Air Terjun Pantai Pelang, mereka pasti akan langsung mengenali. Sebenarnya Air Terjun Pantai Pelang adalah nama lain dari Air Terjun Grobogan Sewu. Air Terjun Grobogan Sewu sendiri adalah aliran air yang mengalir ke aliran sungai yang akhirnya bermuara ke Pantai Pelang.

Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek
by tom sby geogrph world

Karena berada dalam satu kawasan dengan Pantai Pelang yang lebih dulu terkenal di masyarakat Trenggalek, Air Terjun Grobogan Sewu akhirnya lebih populer dengan sebutan Air Terjun Pantai Pelang.

Lokasi Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek atau Air Terjun Pelang

Anda dapat menemukan Air Terjun Grobogan Sewu di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Untuk menuju ke lokasi wisata, Anda bisa mengambil jalur utama Tulungagung-Trenggalek hingga melewati Taman Makam Pahlawan dan pertigaan Jarakan.

Dari pertigaan Jarakan, belok kiri menuju arah Dongko – Panggul. Perjalanan yang akan Anda tempuh melalui Kecamatan Panggul ini berliku-liku dan melewati tanjakan dan turunan tajam. Namun demikian, sepanjang perjalanan yang Anda lihat hanya keindahan alam Trenggalek yang terlihat dari ketinggian. Sehingga perjalanan yang cukup ekstrem inipun tidak akan terasa begitu menakutkan.

Melewati jalur ini Anda hanya harus mengikuti penunjuk jalan hingga sampai di kawasan Pantai Pelang. Waktu yang diperlukan sekitar 2 – 3 jam perjalanan saja.