Air Terjun Curug Gomblang Banyumas, Wisata Alam Mengagumkan Jawa Tengah

Jalan-jalan ke Jawa Tengah, asyiknya main-main di segarnya Air Terjun Curug Gomblang Banyumas. Lokasi yang sedang hits di kalangan anak muda Banyumas ini cocok bagi pencari ketenangan jiwa dengan segarnya alam pegunungan.

Lokasi wisata ini semakin menarik dengan adanya Selfie Deck yang dikhususkan bagi pengunjung yang ingin berfoto selfie dengan view langsung menghadap Curug Gomblang. Aksesnya pun cukup mudah, jadi tidak heran kalau banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke tempat ini.

baca juga: Bukit Batu Pandang Ratapan Angin Dieng, Wisata Alam Menakjubkan di Wonosobo

ir Terjun Curug Gomblang Banyumas
Instagram photo by Rischianto

Selfie Deck di Air Terjun Curug Gomblang Banyumas

Untuk menggunakan Selfie Deck ini, panitia mematok harga Rp 2.500 per orang. Pengunjung juga harus melepas alas kaki ketika menaiki Selfie Deck ini agar senantiasa tetap bersih.

Pengunjung yang ingin merasakan segarnya air Curug Gomblang, bisa menuruni jalan setapak sekitar 100 meter ke bawah. Aliran airnya sangat deras, sehingga disarankan tidak mandi langsung di bawah guyurannya. Namun bisa mandi di aliran sungainya saja.

baca juga: Air Terjun Tancak Jember, Wisata Alam Tersembunyi di Jawa Timur

ir Terjun Curug Gomblang Banyumas
Instagram photo by Pangeran Curug

Ketika berkunjung ke Air Terjun Curug Gomblang Banyumas, sebaiknya jangan ketika weekend atau musim liburan. Karena dipastikan lokasi wisata air ini akan dipenuhi oleh pengunjung. Jika terlalu ramai pengunjung, kenikmatan untuk keindahan hijaunya alam tak bisa terpuaskan dengan sempurna.

ir Terjun Curug Gomblang Banyumas
Instagram photo by Pangeran Curug

Lokasi Curug Air Terjun Curug Gomblang Banyumas

Curug Gomblang terletak di Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Berada di kaki Gunung Slamet, Air Terjun Curug Gomblang Banyumas menyajikan sensasi kesegaran air serta sejuk dan dinginnya hawa pegunungan. Perjalanan trekking untuk menuju lokasi Curug Gomblang pun semakin seru lewat jalan setapak yang dilalui.

Pengunjung harus membayar 5 ribu rupiah di loket masuk, untuk kemudian dapat meneruskan perjalanan menuju lokasi Curug Gomblang. Ada dua alternatif yang bisa dipilih, bisa menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki.

Rute Menuju Air Terjun Curug Gomblang Banyumas

Letaknya sekitar 17 Km dari pusat Kota Purwokerto jika melalui Jl. Ajibarang-Secang atau menempuh waktu perjalanan sekitar 42 menit. Paling mudah menggunakan kendaraan pribadi.

Jika menggunakan sepeda motor, perjalanan relatif lebih singkat namun harap tetap berhati-hati karena medan yang dilalui masih berbatu kasar dan bukan jalanan beraspal. Trekking ini bisa ditempuh dalam 20 menit perjalanan. Kemudian sepeda motor dapat diparkir di area parkir kedua.

ir Terjun Curug Gomblang Banyumas
Instagram photo by Rischianto

Jika dengan berjalan kaki tentu lebih menyenangkan karena selain dapat menikmati keindahan alam hutan pinus, Anda juga dapat sesekali mengambil foto yang ciamik selama dalam perjalanan. Namun tentu cukup banyak tenaga yang terkuras untuk berjalan kaki. Jadi, pilih yang menurut Anda lebih nyaman untuk dilakukan.