Air Terjun Coban Talun, Wisata Alam yang Tak Bosenin di Kota Batu Malang

Kota Batu di Jawa Timur terkenal dengan deretan wisata alamnya. Air Terjun Coban Talun adalah satu di antaranya yang sudah lama dikenal wisatawan. Air terjun yang satu ini menyajikan suasana yang alami. Tidak heran kalau banyak yang memilih lokasi Coban Talun sebagai tempat untuk berkembah.

Air Terjun Coban Talun
Air Terjun Coban Talun via Initempatwisata

Menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas camping di kawasan Air Terjun Coban Talun memang jadi kegiatan yang menyenangkan. Terlebih, fasilitas pendukung yang ada di area ini juga cukup lengkap. Anda pun akan mendapati keberadaan WC umum, sumber air besih, layanan sewa tend a, lampu minyak, dan bahkan keberadaan warung tenda.

baca juga: Mata Air Sumber Sirah Malang, Wisata Alam Baru yang Kece

Selain menjadi tempat untuk berkemah, tentu saja para wisatawan yang berkunjung ke sini tak melupakan keberadaan Air Terjun Coban Talun. Air terjun ini mempunyai keindahannya tersendiri, dengan ketinggian mencapai 75 meter. Berada di bawah air terjun, Anda akan merasakan suasana yang dingin dan sejuk.

Air Terjun Coban Talun
Suasana alami nan hijau di sekitar Air Terjun Coban Talun via artoflemontree

Siapapun yang datang ke lokasi air terjun, akan tergoda untuk terjun ke sungai yang ada di bawahnya. Bersantai dengan berendan air dingin sembari menikmati suasana hijau yang ada di sini, Anda pun akan bisa melepaskan penat barang sejenak. Tentunya, tak ketinggalan Anda juga bisa mendapatkan berbagai foto cantik saat berkunjung ke sini.

baca juga: Wisata ala Sungai Amazon di Pantai Kondang Buntung Malang

Lokasi Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun ini merupakan air terjun yang masuk dalam kawasan Perkemahan Coban Talun. Lokasinya berada di lereng Gunung Arjuno – Welirang dan masuk dalam wilayah administratif Dusun Junggo, Desa Tulungrejo di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Jalan Menuju ke Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Malang. Para wisatawan yang ingin berkunjung ke sana, bisa memilih untuk menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Kalau menggunakan kendaraan umum, dengan menggunakan angkutan umum yang ada di Terminal Arjosari Malang.

Dari terminal, Anda bisa memilih angkutan umum yang berangkat menuju Landungsari (ADL/AL). Sesampainya di Landungsari, bisa melanjutkan perjalaan ke Terminal Batu dengan naik angkutan berwarna pink atau ungu. Dilanjutkan perjalanan menuju ke Coban Talun dengan naik angkutan jurusan Selecta – Coban Talun.

Jangan lupa, untuk masuk ke area Air Terjun Coban Talun, para wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000,00 per orang. Selain bisa berkunjung ke lokasi air terjun, wisatawan dapat pula menyaksikan sebuah bendungan yang lokasinya tak jauh.