Air Terjun Coban Baung Pasuruan, Air Terjun Indah dengan Suasana Alami dan Memukau

Wisata alam yang indah banyak dijumpai di Jawa Timur. Air Terjun Coban Baung Pasuruan adalah salah satunya. Air terjun ini merupakan titik pertemuan antara Sungai Welang dengan Sungai Beji. Pemandangan air terjun ini pun sangat cantik, dengan suasana yang masih alami.

Air Terjun Coban Baung Pasuruan memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Di sekelilingnya, wisatawan bisa menjumpai keberadaan tanaman perdu yang memberi kesan hijau dan alami. Tak ketinggalan, di bagian bawah terdapat batu-batu besar yang kerap menjadi tempat duduk para wisatawan.

Air Terjun Coban Baung Pasuruan
via alamasedy

Ketinggian 100 meter juga membuat pemandangan di sini terlihat sangat memukau. Gemuruh air terdengar sangat jelas. Tak hanya itu, percikan air di dasar air terjun memberi kesan unik tersendiri. Tak ketinggalan, di bagian bawah terdapat kolam air dengan ukuran yang cukup luas dan dalam.

Para pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas selama berada di Air Terjun Coban Baung Pasuruan. Berburu foto menjadi aktivitas utama para pelancong. Selain itu, tak sedikit pula wisatawan yang bermain air selama berada di sini.

Air Terjun Coban Baung Pasuruan
via alamasedy

Legenda Air Terjun Coban Baung Pasuruan

Keberadaan air terjun ini dilingkupi dengan kisah mistis mengenai hilangnya seorang pemuda berwajah rupawan yang berasal dari desa sekitar. Konon, banyak pengunjung yang sering mencium wangi bunga melati selama berkunjung ke sini.

Tak hanya itu, korban meninggal yang ada di lokasi wisata alam Jawa Timur ini juga sangat banyak. Tak jarang, proses pencarian korban juga sangat sulit. Anehnya, tubuh korban tiba-tiba muncul di permukaan sungai yang lokasinya tak jauh dari air terjun. Padahal, wilayah tersebut sebelumnya telah ditelusuri secara mendalam.

Lokasi Air Terjun Coban Baung Pasuruan

Air terjun ini berada di kawasan lereng Gunung Baung yang masuk dalam wilayah Dusun Sumbersuko, Desa Kertosari di Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Cara menuju lokasinya sangat mudah, tinggal melewati jalan menuju ke Kebun Raya Purwodadi.

Untuk masuk ke air terjun para wisatawan harus melewati loket tiket yang dijaga oleh petugas dari Perhutani. Tiketnya murah, cuma Rp5.000 per orang. Perlu diketahui, tempat ini merupakan bagian dari wilayah yang dikelola oleh Perhutani dan masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Baung.