Air Terjun Batu Raja Manitan, Wisata Alam Terbaru di Bangkalan Madura

Tak banyak yang tahu jika Bangkalan Madura memiliki objek wisata yang menawan. Objek wisata tersebut adalah Air Terjun Batu Raja Manitan. Karena merupakan objek wisata baru, pantaslah jika namanya belum begitu populer. Meski demikian, air terjun ini dapat menjadi pilihan wisata ketika Anda sedang berada di Pulau Garam ini.

Keunikan Air Terjun Batu Raja Manitan

Tidak seperti Air Terjun Toroan di Sampang yang airnya langsung mengalir ke laut dan cenderung berhawa panas, Air Terjun Batu Raja Manitan sebaliknya. Udara terasa kian sejuk dibarengi dengan segarnya air terjun yang mengalir. Kesejukan ini tercipta karena banyaknya pepohonan yang menaungi aliran Air Terjun Batu Raja Manitan.

Air Terjun Batu Raja Manitan
by @samsvlxlite99

Yang unik pada air terjun ini adalah aliran airnya melebar ke seluruh bebatuan. Tak hanya membuat ingin segera berenang atau bermain air, Anda juga dapat bersender santai di batuan-batuan itu. Basah kuyupnya baju tak menjadi masalah karena keseruan berada di guyuran wisata air terjun ini menjadi pengalaman yang tak terlupa.

baca juga: Pantai Slopeng Madura, Pantai Indah di Belahan Pulau Garam

Bermain di bebatuan ini sangat aman karena batuannya tidak berlumut. Anda juga dapat sedikit memanjat batuan ke sisi sebelah atas jika ingin sesuatu yang lebih menantang. Jangan lupa untuk merekam atau mengambil foto aktivitas seru Anda di Air Terjun Manitan ya….

Air Terjun Batu Raja Manitan
by @rachmatarif93

Lokasi Air Terjun Batu Raja Manitan

Wisata Air Terjun Batu Raja Manitan berlokasi di Desa Banyubunih, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Madura. Berkunjung ke Air Terjun Batu Raja Manitan sangat tepat sebagai pelepas penat dan lokasi yang cocok untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Rute Menuju Air Terjun Batu Raja Manitan

Jika Anda sedang berada di Surabaya, Anda bisa datang melalui Jembatan Suramadu. Setelah sampai ujung Jembatan Suramadu, arahkan kendaraan Anda menuju ke arah Sampang. Anda akan melewati beberapa Kecamatan yakni Burneh, Tanah Merah dan Galis.

Setelah sampai di Pasar Galis, pilih arah kiri menuju Desa Banyubunih. Sampai di Desa Banyubunih, Anda dapat bertanya ke masyarakat sekitar lokasi. Disarankan membawa kendaraan roda dua karena lebih mudah untuk digunakan menuju lokasi wisata.

baca juga: Bebek Sinjay Madura, Kuliner Wajib saat Traveling ke Pulau Garam

Tak perlu membayar tiket untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Batu Raja Manitan. Anda hanya perlu menjadi wisatawan yang ramah dan bijak untuk dapat menjaga kebersihan lokasi wisata. Belum lagi, tidak terdapatnya fasilitas yang memadai di lokasi ini sehingga kesadaran dari tiap pengunjung sangat perlu diperhatikan.