5 Kafe untuk Pencinta Buku yang Nyaman di Yogyakarta

Ingar bingar kota Yogyakarta terkadang membuat kita penat dan jenuh. Banyak alternatif untuk refresshing ala kawula muda. Ada beragam kafe untuk pencinta buku yang menarik di kota ini. Mengingat, Yogyakarta dikenal sebagai kotanya para pelajar.

Bagi kalian pecinta buku kalian wajib mendatangi kafe untuk pencinta buku ini. Selain kenyang perut kita juga kenyang mata. Berikut listnya :

  1. Dongeng Kopi & Indiebooks
Kafe untuk Pencinta Buku
via http://kopijogjaku.blogspot.co.id

Berlokasi di Jalan Wahid Hasyim No. 3, Gorongan, Depok, Sleman. Dongeng kopi &indiebook ini cocok bagi kamu pecinta kopi dan buku. Bangunan dua lantai ini findingnya dihiasi lukisan mural. Pada lantai satu kalian akan disuguhkan berbagai jenis kopi yang dapat kalian nikmati sesuai kesukaan kalian.

baca juga: Pasar Beringharjo Yogyakarta, Tempat Belanja Oleh-Oleh dan Kuliner Murah di Kota Pelajar

Dan pada lantai dua bangunan ini adalah kantor penerbitan. Jadi kalian yang berminat membaca ataupun membeli buku dipersilahkan. Bahkan, kalian yang hobi menulis diberi fasilitas kelas menulis bagi pengunjung. Asyikkan! Sayang kalau tak kesini.

  1. Roti Papi
Kafe untuk Pencinta Buku
via http://ratnanene.blogspot.co.id

Terletak di Jalan Gejayan, Gg. Bougenville No. 1 (daerah Selokan Mataram), lebih tepatnya di dekat Kedai Kopi, tempat ini menawarkan makanan enak dengan harga terjangkau. Roti pspi menyediakan masakan italia,belanda dan asia. Kafe untuk pencinta buku ini mirip kos kosan ini mungkin kalian tak menyangka jika ini adalah resto berkonsep and/or bookstore. Hal menarik lainnya ialah pemilik resto ini orang belanda yang lancar berbahasa indonesia, bahkan bahasa jawa lho!

  1. Luk Coffe And Books

Terletak di Jalan Tantular (Pringwulung), tempat ini tergolong asyik untuk nongkrong, dari jam 1 siang sampai 12 malam. Dalam kafe ini mengambil konsep perpustakaan yang memiliki beragam jenis buku dan jumlah yang banyak.

  1. Blanco Coffe And Books
Blanco Coffe And Books
via http://www.ernykurnia.com

Kafe satu ini terletak di Jalan Kranggan No. 30, Yogyakarta. Blanco Coffee & Books juga menawarkan tempat nongkrong ditemani buku dan kopi. Koleksi buku yang banyak dan didominasi buku berbahasa inggris. Croissant yang dikenal renyah di luar dan lembut di dalam adalah salah satu makanan favorit di Blanco Coffee & Books yang cocok untuk menemani minum kopi.

  1. Lir Shop

Lir Shop adalah sebuah tempat dengan konsep toko buku, curiosity shop, restoran dan galeri seni kecil. Tempat yang berkesan rumahan ini bisa kalian temukan di Jalan Anggrek 1/33, Baciro, Yogyakarta.Nama Lir sendiri menggabungkan konsep dari kata Lire (dalam bahasa Perancis berarti to read) dan Lair (dalam bahasa Inggris berarti a hideway place).

Lokasi kafe untuk pencinta buku yang ‘tersembunyi’ ini cocok untuk kalian yang menginginkan suasana tenang dan jauh dari keramaian kota. Keunikan Lir Shop selain konsepnya yang memadukan beberapa hal jadi satu adalah makanan yang ditawarkan.

Dengan konsep where fiction and reality mingle, kalian bisa menikmati makanan seperti yang ada dalam buku-buku lho, seperti butterbeer a la Harry Potter, limun jahe dan sandwich dari seri Lima Sekawan dan sebagainya. Bahkan, keunikan konsep Lir Shop juga terlihat dari buku menu yang mirip peta petualangan dari dongeng.