10 Jenis Oleh-Oleh Khas Bali yang Populer dan Digilai Para Wisatawan

Berkunjung ke tempat wisata tak lengkap jika tak membawa oleh-oleh yang khas. Begitu pula Bali, pulau wisata ini juga memiliki banyak oleh-oleh khas bali yang wajib di bawa pulang. Mulai dari makanan hingga aksesoris dapat menjadi pilihan buah tangan untuk orang di rumah.

oleh-oleh khas bali

Berikut beberapa oleh-oleh khas Bali yang tahan lama dan tentu mudah didapatkan:

1. Joger

oleh-oleh khas bali

Siapa yang tak tahu produk Joger? Produk yang terkenal dengan warna kaos yang ceria dan kata-kata unik dan menarik yang tertulis membuat produk joger banyak diminati. Selain kaos, joger juga menyediakan benda lain seperti sandal, tas, ikat pinggang, dan lain-lain. Alamat toko Joger : Jalan Raya Kuta, Bali sedangkan cabang toko ada di Jalan Raya Denpasar-Bedugul km 37,5 Bali.

2. Baju Barong

oleh-oleh khas bali

Selain produk joger, baju barong sudah dikenal sebagai oleh-oleh dari Bali. Baju barong memiliki ciri khas kaos berwarna cerah dengan di tengah gambar wajah barong. Biasanya baju barong terbuat dari bahan yang nyaman dan cocok di pakai sehari-hari. Tak sulit menemukan baju barong, di berbagai toko menjual baju ini. Tetapi untuk mendapat harga yang murah, Anda dapat membelinya di Pasar Sukawati.

3. Kain Bali

Kain Bali kerap disebut juga dengan Kain Pantai. Kain Bali ini berupa selendang, sarung dan masih banyak lainnya. Dengan warna mencolok dan corak bunga kamboja menjadi populer di kalangan wisatawan. Tak sulit menemukan penjual kain Bali. Salah satunya di Pasar Klungkung. Alanhkah baiknya Anda juga menggunakan keahlian tawar menawar.

4. Kerajinan Perak Celuk Bali

Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali terkenal sebagai penghasil kerajinan perak yang terkenal di pasar lokal hingga internasional. Hasil kerajinannya berupa cincin, gelang, bros, sendok, patung miniatur, kalung dan lain-lain.

5. Pie Susu

oleh-oleh khas bali

Kuliner yang satu ini selalu menjadi primadona bagi wisatawan. Bentuknya bulat tipis dengan tekstur renyah di tepiannya dan lembut di bagian dalamnya. Selain rasa original, ada vatian rasa lainnya seperti keju, almond, kismis, dan choco chip. Pie susu yang terkenal di bali yakni “Pie Susu Enaaak” yang terken sejak tahun 1989 dan berlokasi di Jalan Nangka Selatan No. 163, Denpasar.

6. Pia Legong

oleh-oleh khas bali

Dengan ciri khas penari legong di kemasannya, pia legong juga menjadi kuliner yang diburu wisatawan sebagai oleh-oleh. Menariknya, pia legong masih menggunakan tangan untuk membuatnya. Tersedia tiga varian rasa yaitu keju, coklat dan kacang hijau. Anda dapat membelinya langsung di tokonya di Jalan By Pass Ngurah Rai. Dan lebih baik memesannya lebih dahulu.

7. Kopi Kintamani

oleh-oleh khas bali

Bali memiliki kopi yang berstandar internasional, yakni Kopi Kintamani. Kopi kintamani ini memilikk rasa yang unik yakni sedikit rasa asam sebab bercampur dengan aroma jeruk. Ham ini disebabkan perkebunan kopi kintamani bersanding dengan pohon jenis lain seperti jeruk, kakao dan sayuran. Anda dapat membelinya di pusat oleh-oleh Bali maupun langsung di tempat pengolahan di kawasan Kintamani.

8. Bali Home Spa

Produk bali home spa ini sangat pas untuk oleh-oleh. Produk ini memungkinkan Anda untuk menikmati layanan spa di rumah Anda sendiri. Berbagai varian produk selain body butter, body scrub, body mist dan shampo.Produk ini dapat Anda jumpai di pusat perbelanjaan dan oleh-oleh khas Bali.

9. Salak Bali

Salak Bali sudah terkenal di wilayah nusantara. Namun, ada lagi salak Bali lainnya yakni Salak Gula Pasir. Salak ini daging buahnya berwarna putih, tidak terlalu tebal, dan tidak diselimuti kulit ari. Jika sudah tua, buah salak ini bisa manis seperti gula pasir. Anda dapat menjumpai salak gula pasir di Pasar sindhu, Denpasar, Sanur. Musim buah salak biasanya di Bulan Februari.

10. Batik Bali

Nusantara ini banyak dikenal kain batik dan khas daerah masing-masing. Jenis Batik Bali yang populer seperti Batik Galuh. Anda dapat beekunjung langsung di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati. Selain memeli, Anda juga dapat melihat secara langsung pembuatan kain batik maupun mencoba belajar membuatnya.